Blog

11 Cara Menghilangkan Bruntusan Dengan Bahan Alami Hasilnya Maksimal

VIVA– Cara menghilangkan bruntusan wajib diketahui oleh semua orang terutama yang memiliki jenis kulit sensitive. Kulit bruntusan pada wajah tentunya akan membuat seseorang tidak nyaman dan merasa terganggu. Jika kamu mengalami hal ini, ada beberapa cara menhilangkan kulit bruntusan yang bisa dengan mudah dilakukan. Kulit bruntusan sendiri ditandai dengan benjolan-benjolan kecil pada kulit di area tertentu, sehingga kulit akan memiliki tekstur yang kasar dan tidak rata.

Kondisi tersebut, bisa terjadi di mana saja, mulai dari area wajah dan punggung. B iasanya kulit bruntusan ini disebabkan oleh alergi, digigit serangga, cuaca, polusi udara, bahan kimia, atau tengah melaksanakan pengobatan tertentu. Selain mengakibatkan wajah menjadi gatal dan kemerahan, bruntusan juga akan membuat tampilan kulit menjadi tidak mulus. Belum lagi mengakibatkan bekas di kulit yang tidak mudah dihilangkan bila digaruk.

Bahkan, menggaruk area bruntusan akan mengakibatkan kulit semakin mengalami infeksi. Nah, supaya bruntusan pada wajah tidak semakin parah, sebetulnya ada sejumlah cara menghilangkan bruntusan dengan bahan alami yang dapat dilakukan. Dengan memakai bahan-bahan alami tersebut, bruntusan bisa sedikit ringan dan secara perlahan akan hilang. Berikut adalah ulasan selengkapnya yang disadur dari berbagai sumber.

1. Es Batu
Cara menghilangkan bruntusan di wajah dalam sehari dapat dilakukan dengan memakai bahan alami dan mudah ditemukan, yaitu es batu. Sensasi dingin dari es batu bisa mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan oleh bruntusan. Cara tersebut juga dapat dipakai untuk mengempiskan dan mengurangi kemerahan karena jerawat. Lantaran masalah bruntusan tidak separah jerawat, pemakaian es baru dirasa cukup ampuh untuk menyembuhkan dalam seharian.

2. Tomat
Buah-buahan yang kerap dijadikan sebagai jus ini mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan gizi dalam tomat dapat mengatasi masalah mata minus. Bukan hanya itu, ternyata tomat juga sangat ampuh untuk Mengatasi masalah bruntusan di wajah.

Maka dari itu, tidak heran bila banyak yang memakai tomat untuk Mengatasi masalah bruntusan atau jerawat di area wajah. Caranya juga sangat mudah, pertama adalah haluskan tomat dengan cara diblender kemudian jadikan sebagai masker wajar. Biarkan sampai mengering kemudian bilas wajah dengan air bersih.

3. Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.

Lidah buaya adalah salah satu cara menghilangkan bruntusan. Tanaman yang banyak digunakan sebagai produk kecantikan ini akan memberikan efek dingin dan bisa meredakan rasa gatal karena bruntusan. Lidah bauta yang kaya akan vitamin E tersebut sangat ampuh untuk Mengatasi luka bakar dan gatal karena iritasi.

Cara menggunakan bahan ini sangat mudah, kamu hanya perlu mengaplikasikan gel lidah pada area yang gatal. Setelah itu, bilas dengan memakai air dingin. Jika kamu tidak ingin ribet, maka bisa dengan menggunakan gel lidah buaya di apotik atau toko obat terdekat.

4. Minyak Cengkeh
Kamu dapat menemukan miyak cengkeh di salon atau tempat SPA. Carilah sebotol kecil minyak cengkeh untuk mengobati bruntusan. Minyak tersebut mengandung bahan eugenol yang bisa mengatasi rasa gatal dan juga menenangkan kulit. Cara pengaplikasiannya juga sangat mudah, campurkan minyak cengkeh dengan sedikit air dan oleskan pada area yang mengalami bruntusan.

5. Madu
Sejak dulu, madu memang sudah dikenal oleh masyarakat mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Madu kerap dipakai sebagai salah satu cara menghilangkan bruntusan, kulit kusam, dan juga jerawat.

Cara pengaplikasian bahan ini juga cukup sederhana, kamu hanya perlu mengoleskan madu murni secukupnya pada area wajah yang terkena bruntusan. Sebelum itu, kamu harus membersihkan terlebih dahulu kulit wajah tersebut. Kemudian biarkan sampai mengering dan bilas dengan air bersih.

6. Lemon
Lemon mempunyai rasa yang sangat asam saat dimakan, tapi buah yang satu ini ternyata mempunyai banyak khasiat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Lemon juga dapat dipakai untuk menghilangkan bruntusan pada area wajah hanya dalam waktu semalaman.

Cara menggunakan bahan ini adalah dengan mencampurkan putih telur dan lemon. Setelah itu, oleskan secara merata pada wajah. Biarkan sampai mengering kemudian bersihkan dengan memakai air bersih.

7. Cuka Apel
Cara menghilangkan bruntusan berikutnya adalah dengan memakai cuka apel. Fermentasi dari buah yang satu ini mengandung zat asetat yang mempunyai sifat antibakteri dan antijamur. Maka dari itu, cuka apel yang satu ini dikenal sebagai bahan yang cukup ampuh untuk menghilangkan dan meredakan bruntusan. Selain itu, cuka apel juga dapat menjadi toner wajah dan dapat membantu untuk menyeimbangkan produksi melanin.

Cara penggunaan bahan ini adalah dengan meneteskan pada kapas bersih. Kemudian, usapkan kapan tersebut pada cuka apel di area kulit yang mengalami bruntusan. Berikutnya, diamkan selama beberapa menit sebelum kapas diangkat. Untuk hasil optimal, ulangi perawatan tersebut dua sampai tiga kali dalam sehari dan lakukan secara rutin sampai masalah bruntusan di wajah benar-benar hilang. Tapi, perlu diketahui bahwa bahan ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi, sehingga tidak disarankan untuk kulit yang sensitive.

8. Bersihkan Wajah
Rajin membersihkan wajah merupakan salah satu cara untuk menghilangkan bruntusan. Mencuci wajah dengan produk yang lembut juga akan membantu untuk menghilangkan lemak berlebih, keringat, dan kotoran yang lainnya.

Namun, pemakaian produk kecantikan yang salah juga akan mengalami iritasi dan peradangan pada kulit. Untuk mencegah hal tersebut, pakai pembersih wajah terbaik yang diformulasikan dengan kondisi kulit yang spesifik.

9. Rajin Memakai Pelembap

Mengenakan pelembap wajah

Setelah membersihkan wajah, pakai pelembap kulit krim atau losion sebagai bagian dari cara menghilangkan bruntusan. Pilihlah produk pelembap yang bebas dari minyak dan non-komedogenik atau tidak menyumbat pori-pori kulit.

Pelembap juga akan membantu untuk menenankan bruntusan di kulit yang disebabkan oleh iritasi. Pemakaian pelembap secara rutin juga akan membantu kulit untuk selalu sehat dengan menjaga hidrasi dan mencegah kondisi kulit kering.

10. Teh Hijau
Selama ini banyak orang yang mengonsumsi bahan yang satu ini untuk memperoleh tubuh yang langsing dan sehat. Tapi ternyata, manfaat dari teh hijau bukan sebatas itu saja, teh hijau juga sangat ampuh untuk menghilangkan bruntusan hanya dalam waktu semalaman. Kandungan anti oksidan yang ada di dalam teh hijau akan menyembuhkan kulit yang bermasalah.

11. Kompres Air Hangat

Penggunaan air hangat untuk kecantikan.

Perawatan rumahan juga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan bruntusan di area wajah yang bisa dipraktikkan, terutama bila kasusnya sangat ringan. Misalnya, cobalah dengan mengaplikasikan kompres air hangat di area wajah dua kali sehari untuk membantu menghilangkan minyak berlebih dan juga untuk mempercepat pemulihan.