Blog

10 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

JAKARTA – Sejarah sering kita kenal sebagai ilmu atau rangkaian suatu peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau.

Sejarah menurut para ahli telah memunculkan beragam sudut pandang. Uniknya, pernyataan dari para ahli sejarah nyaris tak ada yang sama meski secara substansi ada yang hampir sama.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

1. Moh Yamin

Menurut Moh Yamin sejarah diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang tersusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan kenyataannya.

2. Thomas Carlyle

Menurut Thomas Carlyle sejarah diartikan sebagai peristiwa masa lampau yang mempelajari biografi atau riwayat hidup orang-orang terkenal.

Hanya orang-orang yang besar yang dicatat sebagai peletak dasar sejarah tersebut.

3. Roeslan Abdulgani

Roeslan Abdulgani mengatakan pengertian sejarah sebagai salah satu bidang ilmu yang menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat dan kemanusiaan di masa lalu.

4. Ibnu Kaldun

Menurut Ibnu Kaldun mengatakan bahwa sejarah merupakan catatan tentang masyarakat umat manusia atau tentang peradaban dunia, yakni tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat tersebut.

5. J.V. Bryce

Menurut dirinya, sejarah merupakan catatan dari apa yang telah dipikirkan, diperbuat, dan dikatakan manusia.

6. Patrick Gardiner

Menurut Patrick Gardiner pengertian sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat atau dilakukan oleh manusia.

7. Norman E. Cantor

Menurut dirinya, sejarah merupakan studi tentang apa yang diperbuat, dikatakan dan dipikirkan oleh manusia pada masa lalu.

8. Robin Winks

Menurut Robin Winks pengertian sejarah adalah sebuah studi tentang manusia dalam kehidupan bermasyarakat.

9. Sunnal dan Haas

Menurut dirinya, sejarah adalah studi kronologis dengan menafsirkan dan mencari arti dari peristiwa dan berlalu metode sistematis untuk mengungkap kebenaran.

10. Shefer

Pengertian sejarah menurut dirinya merupakan sebuah peristiwa yang telah lalu dan memang benar-benar terjadi.