Blog

10 Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

10 Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli – Kelompok sosial merupakan suatu kumpulan orang yang saling menjalin kerjasama, saling berkomunikasi, dan saling menyadari kepentingan terhadap sesama anggota. Atau bisa dikatakan kelompok sosial adalah suatu kesatuan sosial yang terdiri dari dua orang ataupun lebih untuk bisa saling berinteraksi.

Suatu kelompok bisa diciptakan oleh suatu anggota masyarakat dan kelompok juga bisa memberikan pengaruh pada tingkah laku anggotanya. Seperti contoh kelompok sosial apabila berdasarkan dari tempat seperti RT dan RW, jika berdasarkan dari suatu ikatan darah seperti keluarga, kerabat dan lainnya. Dan adapun 10 Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli, antara lain :

Menurut pemikiran Alvin L. Bertrand lembaga sosial pada sumbernya merupakan sekumpulan norma sosial atau struktur-struktur sosial yang telah diciptakan supaya mampu melaksanakan peran fungsi dalam masyarakat. Lembaga tersebut melingkupi sekumpulan norma dan bukan norma yang mandiri atau berdiri sendiri.

1. Robert mac Iver dan CH. Page

Menurut pendapat Robert Mac Iver dan CH. Page. Lembaga sosial adalah suatu kondisi atau suatu bentuk prosedur yangmapan, yang menjadi suatu karakteristik untuk aktivitas kelompok yang menjalankan patokan-patokan tersebut dinamakan asosiasi.

Menurut Summer lembaga sosial dilihat dari suatu kebudayaan diartikan sebagai suatu cita-cita,sikap,perbuatan dan perlengkapan kebudayaan yang memiliki sifat abadi dan juga yang memiliki tujuan untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat. Yang paling penting yaitu agar ada keteraturan dan juga integrasi dalam masyarakat.

10 pengertian kelompok sosial menurut para ahli yang selanjutnya yaitu menurut Roucek lembaga sosial merupakan bermacam pola yang telah memiliki posisi pasti atau tetap untuk mempersatukan berbagai macam kebutuhan manusia yang hadir dari suatu kebiasaan dengan memperoleh persetujuan dengan cara yang tidak bisa di tepis dalam memenuhi sebuah kenyamanan dan kesejahteraa masyarakat dan menghasilkan suatu struktur.

Menurut Mayor Polak, pengertian dari lembaga sosial yaitu suatu kompleks atau system dari berbagai peraturan dan juga adat istiadat yang mempertahankan nilai-nilai penting dalam suatu lembaga.

1. Leopold Von Wilsen dan Becker

Menurut Leopold dan juga Becker, suatu lembaga sosial merupakan sebagian suatu jaringan proses-proses hubungan antara kelompok sosial dan anatara umat manusia yang memiliki fungsi untuk menjaga hubungan tersebut juga pola-pola yang sesuai dengan keinginan dan juga kepentingan manusia dengan kelompoknya.

Menurut pemikiran Fitcher. Lembaga sosial merupakan suatu system hubungan-hubungan yang terkandung didalmnya sebuah nilai sosial dan juga prosedur-prosedur tertentu dalam suatu usahan untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

1. Selo Soemardajan dam Soelaeman Soemardi

Bagi Selo Soermardajan dan Soelaeman Soemardi. Lembaga sosial merupakan semua norma-norma dari semua tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat yang merupakan suatu kelompok yang dinamakan lembaga kemasyarakatan.

Bagi Soerjono Soekanto, Lembaga sosial merupakan himpunan dari norma-norma dari seluruh perbuatan yang berkisar pada suatu keperluan pokok dalam kehidupan bermasyarakat.

Dan terakhir menurut Koentjaraningrat, lembaga sosial merupakan suatu system tata laku dalam hubungan yang bertumpu pada aktivitas untuk memenuhi kompleks keperluan khusus dalam kehidupan bermasyarakat.

Demikian 10 pengertian kelompok sosial menurut para ahli yang telah diberikan. Semoga menambah wawasan Anda semua.

Artikel lainnya :