Blog

10 Cara Menghilangkan Beruntusan Dalam Semalam

7. Minyak esensial
Selain minyak pohon teh, banyak minyak esensial lainnya yang memiliki sifat antibakteri dan antiradang.

Penggunaan produk skincare yang mengandung minyak esensial bisa membantu menghilangkan beruntusan dalam semalam.

Sebuah tinjauan ilmiah dari Evidence-based complementary and alternative medicine (2016) menemukan manfaat minyak esensial kayu manis, mawar, lavender, dan cengkeh.

Campuran keempat minyak esensial tersebut diketahui berpotensi melawan bakteri penyebab jerawat seperti Staphylococcus epidermidis dan Cutibacterium acnes.

8. Pasta soda kue

Soda kue atau baking soda juga mengandung sifat antiradang dan antiseptik. Sifat ini membuat baking soda berpotensi meredakan peradangan dan nyeri ringan akibat jerawat.

Untuk menggunakannya, Anda dapat membuat pasta soda kue dengan mencampurkan dua sendok teh (10 gram) soda kue dengan sedikit air.

Oleskan dengan jari secara perlahan ke bagian wajah yang mengalami beruntusan. Kemudian, biarkan selama 20 menit sebelum dibersihkan.

Segera oleskan krim pelembap wajah agar kulit wajah tidak menjadi terlalu kering. Hindari melakukan perawatan kulit ini lebih dari 2 kali seminggu.

9. Mengoleskan benzoil peroksida
Bahan ini membunuh bakteri penyebab jerawat, membantu menghilangkan minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

Benzoil peroksida biasanya terdapat dalam konsentrasi 2,5 – 10% pada produk skincare yang tersedia di pasaran,

Pertimbangkan untuk memulai dengan produk benzoil peroksida berbasis air dengan konsentrasi lebih rendah (2,5%) untuk menurunkan risiko efek samping.

Kemungkinan efek samping termasuk kulit kering, bersisik, iritasi, terbakar, dan menyengat, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

10. Memakai adapalene

Adapalene adalah retinoid atau senyawa turunan vitamin A yang membantu membuka pori-pori dan mencegah kekambuhan beruntusan.

Oleh karena itu, gabungan adapalene dan benzoil peroksida diyakini menghilangkan beruntusan dalam semalam.

Gel adapalene bisa didapatkan di apotek dengan konsentrasi 0,1%. Jangan gunakan produk ini pada kulit yang memiliki luka, terbakar sinar matahari, atau eksim.

Anda mungkin merasa sedikit perih saat gel dioleskan, tetapi akan segera hilang. Efek samping lain yang mungkin terjadi termasuk kulit kering, bersisik dan kulit yang meradang.

Gunakan pelembap nonminyak (noncomedogenic) untuk meringankan gejala efek samping yang mungkin timbul.

Tips di atas bisa Anda coba untuk membantu menghilangkan beruntusan.

Meskipun tidak menjamin hilang dalam semalam, setidaknya beruntusan bisa berkurang atau memudar. Kulit Anda pun tampak lebih bersih.

Selain itu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mengetahui cara menghilangkan jerawat yang sesuai dengan kondisi Anda.