Blog

Cara Upgrade Dari Windows 10 Ke Windows 11 Secara Gratis

Jakarta – Microsoft secara resmi telah mengeluarkan Windows 11 pada Oktober 2021 yang lalu. Kali ini, Windows 11 bisa dinikmati secara gratis dan tersedia di pembaruan bagi perangkat yang menggunakan Window 10. Lalu, bagaimana cara upgrade Windows 11 dari Windows 10? Simak pembahasannya.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua perangkat bisa melakukan pembaruan ke Windows 11. Dilansir detikINET dari laman resmi Microsoft, Rabu (12/10/2022) spesifikasi minimal untuk menggunakan Windows 11 di antaranya:

* CPU Intel 8th Gen Coffee Lake atau Zen 2, dan yang terbaru
* Dukungan TPM 2.0 (Trusted Platform Module)
* RAM 4GB
* Penyimpanan 64GB

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Terkait persyaratan tersebut, tentunya banyak sekali perangkat yang tidak bisa memperbarui ke Windows 11 secara resmi. Microsoft juga meluncurkan Windows 11 secara bertahap. Microsoft juga menekankan pada pertengahan 2022, semua perangkat PC yang ada dan telah memenuhi syarat akan ditawarkan untuk upgrade ke Windows 11.

Cara upgrade ke Windows 11
Dikutip detikINET dari laman bantuan Microsoft, berikut cara upgrade Windows 10 ke Windows 11 :

1. Cek spesifikasi minimal pada PC kalian dengan menggunakan PC Health Check
2. Di Windows, gunakan fitur pencarian yang dilambangkan dengan kaca pembesar
3. Ketik ‘PC Health Check’, dan pilih dari hasil pencarian
4. Klik ‘Check Now’
5. Kalian bisa melihat apakah PC kalian memenuhi syarat upgrade ke Windows 11
6. Jika memenuhi, di Windows buka ‘Settings’ > ‘Update & Security’ > ‘Windows Update’
7. Selanjutnya, klik ‘Check for Updates’
8. Kalian akan melihat opsi ‘Download and Install’, jika jika pembaruan Windows 11 tersedia
9. Klik opsi ‘Download and Install’
10. Kemudian, ikuti petunjuk dan lakukan konfigurasi di pengaturan Windows 11
11. Selesai

Jika ternyata PC yang kalian gunakan memenuhi persyaratan, namun tidak muncul pembaruan. Kalian bisa menggunakan Asisten Windows Update. Namun, pada Windows 10 Asisten Windows Update tidak berjalan di PC berbasis ARM. Asisten Windows Update hanya didukung pada PC yang menggunakan prosesor x86/64.

“Desain dan suara baru yang modern, segar, bersih dan cantik, membawa Anda rasa tenang dan nyaman” dikutip detikINET dari laman Microsoft.

Pada update terbaru Windows 11 ini, Microsoft menghadirkan tampilan yang sama sekali baru. Pada kolom Start akan menampilkan banyak konten dari pengguna. Selain itu, pada Start juga akan terintegrasi dengan cloud dan Microsoft 365.

Microsoft Teams juga akan muncul di taskbar, sehingga memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi Teams. Kemudian, pada Widget menggunakan teknologi AI.

Detikers, itulah cara upgrade ke Windows 11 dari Windows 10 beserta ulasan tentang fitur terbaru di WIndows 11. Nantikan berita terkait perkembangan teknologi dan informasi hanya di detikINET.

Simak Video “Create with ASUS”
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)