Blog

Tata Cara Sholat Tahajud 2 Rakaat Di Sepertiga Malam

PerbesarIlustrasi Tata Cara Salat Tahajud. Foto: KumparanTata cara salat tahajud adalah hal yang penting untuk diketahui setiap Muslim. Meski sifatnya sunah, salat ini sayang untuk dilewatkan. Sebab, salat tahajud menyimpan sejumlah keutamaan mulia.Mengutip buku Bukan Akhir Dunia yang ditulis oleh Dian Nafi (2021), salat tahajud disebut lebih indah daripada dunia dan isinya. Selain itu, umat Muslim yang melanggengkan salat ini juga akan dijamin surga dan rizkinya di dunia.

Kendati demikian, tak semua orang mampu menunaikan ibadah ini. Sebab, tata cara salat tahajud dianjurkan untuk dilakukan pada sepertiga malam, di mana banyak orang masih tertidur pulas.

Untuk memahami urutan tata cara salat tahajud lebih mendalam, simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Bagaimana Cara Salat Tahajud yang Benar?

PerbesarIlustrasi tata cara salat tahajud. Sumber: UnsplashTak sedikit umat Muslim yang mencari tahu tata cara salat tahajud agar keinginan terkabul. Perlu diketahui, tata cara salat tahajud sama dengan salat yang lainnya, yakni dimulai dengan niat.اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.

Artinya: Aku niat salat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.

2. Kemudian mengucapkan takbir (Allahu Akbar) sembari mengangkat kedua tangan sampai daun telinga.

3. Membaca surat Iftitah (sunnah) disusul membaca Al-Fatihah dan membaca surah pendek Al–Qur’an yang telah dihafalkan.4. Rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kembali lalu bangkit dari sujud dan mengulang membaca surah Al- Fatihah beserta surat pendek Al-Qur’an.

5. Rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud, duduk tahiyat akhir dan salam.

Sedangkan tata cara salat tahajud 4 rakaat bisa dikerjakan dua kali, masing-masing 2 rakaat sekali salam.Agar lebih afdal, setelah salat tahajud disunahkan untuk berzikir dan berdoa. Perlu diketahui bahwa tata cara doa dan zikir setelah salat tahajud sama dengan bacaan zikir selepas salat wajib. Lalu, doa apa saja yang dibaca setelah salat tahajud? Berikut bacaan selengkapnya.

Doa Setelah Salat Tahajud

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Artinya, “Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku.”

PerbesarIlustrasi Tata Cara Sholat Tahajud. Foto: dok PixabayLantas, waktu yang tepat untuk salat tahajud jam berapa? Seperti yang diketahui, salat tajahud adalah salat yang dikerjakan pada waktu malam setelah isya hingga masuk waktu subuh, usai bangun tidur.

Salat sunah satu ini lebih utama jika dikerjakan di waktu sepertiga malam terakhir, yakni pukul 01.00 – masuk waktu subuh.Adapun waktu pelaksanaan salat tahajud adalah sebagai berikut:

* Sangat Utama: 1/3 malam pertama (Ba’da Isya – pukul 22.00)

* Lebih Utama: 1/3 malam kedua (pukul 22. .00)

* Paling Utama: 1/3 malam terakhir (pukul 01.00 – Subuh)

Mengutip buku Panduan Sholat Untuk Perempuan: Kiat-kiat Sholat Khusyuk untuk Kepribadian Unggul oleh Dr. Nur Rofi’ah, salat tahajud atau salat lail mendapat perhatian khusus dari Rasulullah SAW.

Buktinya bisa dilihat dari perintah salat tahajud yang tercatat di dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud sebagai salat tambahan bagimu. Semoga Allah SWT mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (Q.S.: Al-Isra’, 79)

Selain itu, terdapat hadis yang berbunyi:

“Sesungguhnya ada waktu pada malam hari yang tidak seorang pun dari seorang hamba yang berdoa pada saat itu untuk memohon kebaikan kecuali pasti akan Allah kabulkan.” (HR Muslim)

Awalnya, tata cara salat tahajud bersifat wajib. Namun, akhirnya diubah menjadi sunah. Salat ini pun pada mulanya hanya diwajibkan untuk Rasulullah SAW, bukan pada umatnya. Sebagaimana dikatakan dalam hadis berikut:”Tiga hal yang bagiku wajib sedangkan bagi umatku adalah sunah yaitu salat tengah malam (tahajud), witir, dan menggosok gigi (siwak).”

Hadis lain juga sempat membahas salat tahajud:

“Paling baiknya salat selain salat wajib adalah salat di tengah malam (tahajud).” (H.R. Muslim)

Salat tahajud juga menjadi momen terbaik untuk bermunajat kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan atau jalan keluar atas segala kesulitan. Selain itu, salat ini juga memancarkan kejernihan jiwa serta raga seseorang.

Atas dasar inilah, salat tahajud dianggap sebagai salat istimewa bagi umat Muslim. Rasulullah SAW juga senantiasa berpesan kepada kaum Muslimin untuk mengerjakan salat tahajud.

“Wahai manusia, tebarkanlah perdamaian, berikanlah makanan kepada yang tidak mampu, pereratlah tali persaudaraan, dan salatlah di malam hari saat orang lain tidur, niscaya kalian masuk surga.” (H.R. Hakim, Ibnu Majah, dan Turmudzi)

Berapa Rakaat Salat Tahajud yang Benar?

PerbesarIlustrasi melakukan sujud. Foto: Unsplash.comKetentuan rakaat salat tahajud kerap dipertanyakan oleh sebagian besar umat Islam. Disadur dari laman NU Online, salat sunah satu ini dapat dikerjakan sekurang-kurangnya dua rakaat. Adapun jumlah maksimal salat tahajud tak dibatasi.

Untuk itu, para ulama menganjurkan tiap-tiap muslim untuk mengisi setiap malam dengan amalan salat tahajud. Hal itu mengingat banyaknya keutamaan dan manfaat yang didapatkan apabila diniatkan untuk mendapat rida Allah SWT.

Apakah Salat Tahajud 2 Rakaat Harus Ditutup dengan Witir?

PerbesarIlustrasi sujud. Foto: Unsplash.comSelain jumlah rakaat, hal yang menjadi pertanyaan terkait pelaksanaan salat tahajud, yakni penyertaan salat witir. Menurut pendapat ulama, salat tahajud yang dikerjakan sebanyak dua rakaat dan diakhiri salam tanpa witir hukumnya tetap sah Dengan catatan, selama tata cara salat tahajud dilakukan dengan benar.

Namun, akan lebih afdal jika amalan tahajud diakhiri dengan salat witir. Lantas, bagaimana tata cara salat tahajud dan witir?Adapun tata cara salat tahajud 2 rakaat dan witir, yaitu diawali dengan membaca niat salat tahajud dua rakaat. Selanjutnya, jalankan salat sebanyak 2 rakaat dengan 2 kali sujud serta 1 kali salam. Setelah itu, dirikan salat witir dengan diawali bacaan niat salat tersebut.Perlu diketahui bahwa salat witir sebagai penutup salat tahajud dapat ditunaikan minimal 1 rakaat dan jumlah rakaat maksimalnya adalah 11. Akan tetapi, umumnya salat witir dilakukan dengan 3 rakaat.

Sementara itu, tata cara salat tahajud 11 rakaat dan witir lazimnya dilakukan sebanyak dua rakaat satu salam yang diulangi sebanyak empat kali. Kemudian, ditutup dengan salat witir sebanyak 3 rakaat.

Surah Apa Saja yang Dibaca Saat Salat Tahajud?

PerbesarIlustrasi membaca surah dalam Al-Qur’an ketika salat. Foto: Unsplash.comSetelah membaca surah Al Fatihah, setiap muslim dapat memilih surat apa pun dalam Al-Qur’an, baik surah pendek maupun surah panjang. Menurut Al-Habib Abdullah Al-Haddad dalam sumber yang sama di atas, akan lebih afdal jika seorang muslim membaca surah dalam Al-Qur’an mulai awal hingga seterusnya.

Dengan demikian, seorang muslim dapat mengkhatamkan Al-Qur’an seiring dengan rutinitas menjalankan salat tahajud. Itulah sebabnya, ulama menganjurkan umat Islam untuk tak melewatkan salat tahajud, meski hanya mendirikan dua rakaat saja setiap malamnya.

Selain surah dalam Al-Qur’an, apa doa salat tahajud yang mustajab? Di samping membaca doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, berikut beberapa doa yang bisa dibaca setelah salat tahajud seperti yang dikutip dari laman zakat.or.id:

Doa selamat dari siksa api neraka

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirat hasanah, waqina adzabannar.

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.”

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لاَ إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Allahumma anta Rabbi, La Ilaha illa anta, Khalaqtani wa ana abduka, wa ana ‘ala ahdika wa wa’dika, mas tatha’tu, audzu bika min syarri ma shana’tu, abu’u laka bi ni’matika wa abu’u laka bi dzanbi, faghfir li , fainnahu la yaghfirudz dzunuba illa anta.

Artinya: “Ya Allah, Engkaulah Pemeliharaku. Tiada sesembahan kecuali Engkau. Engkau ciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Dan aku berada pada kesepakatan dan perjanjian dengan-Mu, semampuku. Aku berlindung kepada Engkau dari keburukan yang aku perbuat. Aku bertaubat kepada-Mu dengan karunia-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu dengan dosaku. Maka, ampunilah aku karena tiada yang mampu mengampuni dosa kecuali Engkau.”

Selain dua doa di atas, bacaan yang dapat diamalkan yakni ayat kursi diikuti dengan tiga surah pendek, yakni Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas.

PerbesarIlustrasi Tata Cara Salat Tahajud dan Witir Lengkap, Foto: bersamaislamSalat tahajud hukumnya adalah sunnah muakad atau sunah yang mendekati wajib. Umat yang melaksanakannya akan mendapatkan pahala.

Sementara itu mereka yang meninggalkannya tidak akan berdosa. Namun seperti dikatakan sebelumnya, salat ini sayang apabila dilewatkan.

Yang terpenting dalam tata cara salat tahajud adalah keberlanjutan pelaksanaan atau istiqomah. Sebagaimana dikatakan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Siti Aisyah:

“Jika kalian bangun di malam hai, maka hendaklah memulai salat dengan dua rakaat.” (H.R. Muslim)

Oleh karena itu, umat Muslim yang terjaga di tengah malam sebaiknya segera mengerjakan tata cara salat tahajud. Sebab, pada momen tersebut, ada banyak malaikat turun dan mencatat doa-doa umat Islam, bagi mereka yang memanjatkan doa setelah melaksanakan salat tahajud.

PerbesarIlustrasi Tata Cara Salat Tahajud. Foto: Treat IDSalat tahajud memiliki makna tersendiri bagi setiap Muslim, yakni ibadah yang menghubungkan hati manusia dengan Allah SWT.

Umat Islam yang mengerjakan tata cara salat tahajud menjauhkan diri dari kenyamanan dan menghidupkan malam dengan menyendiri, hanya berdua dengan Allah.

Karena itulah, Allah SWT menyanjung mereka yang melaksanakan tata cara salat tahajud melalui firman-Nya.

“(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah pada waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya?

Katakanlah, ‘Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?’ Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.” (QS Az-Zumar [39]:9)

PerbesarIlustrasi tata cara salat tahajud. Sumber: iStock.Setiap Muslim yang melaksanakan salat tahajud tidak hanya mendapat keuntungan ruhiah, namun juga manfaat secara jasmaniah. Salah satunya adalah kesehatan, sebagaimana dikatakan dalam hadis ini:

“Hendaklah kalian mengerjakan shalat malam, karena itu merupakan kebiasaan orang saleh sebelum kalian, mendekatkan diri kepada Allah, mencegah dari perbuatan dosa, menghapus keburukan, dan menghindarkan penyakit dari badan.” (HR. Amad, Tirmidzi, dan Hakim)

Berikut manfaat salat tahajud untuk kesehatan yang dikutip dari buku Banjir Kemuliaan dengan Shalat Tahajud tulisan Achmad Al-Firdaus (2015):

1. Meningkatkan Kecerdasan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa otak dapat mengolah informasi lebih efektif dalam keadaan di bawah sadar. Aktivitas otak ketika tidur berdampak positif pada kemampuan manusia dalam membuat keputusan saat terbangun.

Di samping itu, otak juga menghubungkan memori baru dengan memori lama. Apabila seseorang bangun untuk mengerjakan tata cara salat tahajud, maka efek kerja otak setelah tidur akan terasa.

Sehingga otak lebih mudah mengingat sesuatu yang mungkin dilupakan sebelum tidur.

Dengan melakukan salat tahajud, seseorang dapat memusatkan pikiran, hati, dan aktivitas tubuh pada Allah SWT. Tidak hanya itu, ibadah ini juga dapat menimbulkan efek meditasi yang mampu memberi ketenangan dalam hati dan pikiran.

Seperti yang dikatakan oleh Muhammad Soleh dan Hadist Tirmizi:

“Shalat Tahajud mengandung aspek meditasi dan relaksasi sehingga bisa digunakan sebagai chopping mechanism atau pereda stres yang akan meningkatkan ketahanan tubuh seseorang secara natural.”

“Shalat Tahajud dapat menghapus dosa, mendatangkan ketenangan, dan menghindarkan dari penyakit.” (HR. Tirmizi)

3. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Mereka yang mengerjakan salat tahajud akan merasakan ketenangan batin. Ketenangan ini memiliki pengaruh positif untuk memulai aktivitas harian. Selain itu, salat tahajud juga berdampak pada peningkatan daya tahan tubuh.

PerbesarIlustrasi tata cara salat tahajud Foto: dok Pixabay

4. Mencegah Penyakit Jantung

Jantung koroner merupakan penyakit yang diakibatkan oleh tersumbatnya arteri jantung dan kolesterol. Seseorang yang jarang berolahraga dapat mengalami penyumbatan aliran darah yang bisa berdampak buruk pada kesehatan jantung.

Ketika menjalankan salat tahajud, tubuh akan berkeringat. Keluarnya keringat menandakan metabolisme pembakaran kolesterol yang baik untuk tubuh.

5. Terapi Otot dan Tulang

Mengerjakan salat tahajud yang benar dapat memberikan berbagai manfaat, salah satunya terapi otot dan tulang. Gerakan dalam salat, mulai dari berdiri, rukuk, sujud, hingga duduk adalah terapi medis, apabila dilakukan secara thumakninah.

6. Menjaga Kesehatan Lambung

Lambung membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk mencerna makanan. Namun, rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah delapan jam.

Makanan yang dicerna ini disalurkan ke usus halus, kemudian sari-sari makanan diserap di dalam usus halus dan diedarkan ke seluruh tubuh.

Apabila seseorang makan malam sekitar pukul 19.00 atau 20.00, maka delapan jam setelahnya lambung bekerja mencerna makanan. Sekitar pukul 03.00 atau 04.00, lambung menyelesaikan pekerjaannya dan penyerapan makanan oleh 12 usus jari berlangsung.

Jika seseorang melakukan gerakan salat tahajud ada jam tersebut, maka penyerapan sari-sari makanan akan lebih optimal.

Itulah penjelasan terkait niat dan tata cara salat tahajud. Semoga bermanfaat!